Kamis, 12 Maret 2015

Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan nya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian di kenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).

Didalam suatu unit komputer terdapat beberapa elemen dasar komputer yaitu:
1. CPU/Casing (Central Procasing Unit)
2. Monitor (Layer)
3. Keyboard
4. Mouse
5. Disket dsb

Memory terbagi atas dua macam, yaitu :
1. Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan di     hapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer
2. Random Acces Memory (RAM)  adalah memori yang dapat di akses secara random. RAM    berpungsi untuk menyimpan program yang kita oleh untuk sementara waktu jika komputer kita   matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer.

Komponen komponen komputer
1. Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan, Hardware terdiri dari Input/Output Device, Storage Device, Monitor/Screen monitor, Cassing unit, CPU.
2. Software merupakan program program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai denga yang di kehendaki.
3. Brainware (User) merupakan personal - personal yang terlibat lansung dalam pemakaian komputer, seperti system analis, programmer, operator, user dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar