Jumat, 13 Maret 2015

Perangkat Input dan Output Komputer

A. Perangkat Input
1. Keyboard, keyboards memungkinkan seorang user untuk memasukan perintah dan data ke dalam system komputer.
2. Mouse, adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol. Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse, akan merubah posisi tampilan pada layer yang mereflesikan perpindahan tersebut. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan pada layer. Mouse secara significant dapat mereduksi input yang dimasukan oleh pemakai melalui serangkaian pengetikan perintah pada keyboard dengan mengklik pada tombol mouse atau item yang tampil pada layer monitor.

B. Perangkat output
1. Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik. Monitor mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15",17" dan lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inchi), maka semakin mahal, dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada monitor. Monitor memilki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa di tampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh rate, yang menunjukkan berapa kali perdetik suatu gambar dapat di tampilkan pada screen (60Hz berarti 60 kali perdetik). Monitor dengan resolusi screen yang lebih tinggi semisal 1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih besar missal 21" (jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika di tampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi semisal 72Hz, untuk mencegah tampilan gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering).
2. Printer, digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang di olah oleh komputer. Printer ada yang berwarna (color) dan ada yang hitam putih (black and write). Printer berwarna lebih lambat dan lebih mahal daripada printer hitam putih. Juga teknologi yang digunakan untuk mencetak informasi pada kertas bervariasi tergantung tipe printer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar